Tugas Bahasa Indonesia 1

Nama :    Dimas Agung Riansa

No Reg : 5235127220

Skripsi :   PENGEMBANGAN PROTOTIPE MODEL VIRTUAL REALITY INTERAKTIF

Kerangka Karangan

Lembar Pengesahan

Ringkasan

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Gambar

Daftar Table

Daftar Istilah

Bab I Pendahuluan

1. Latar Belakang

2. Permasalahan

3. Tujuan

4. Batasan Masalah

5. Metodologi

6. Sistematika Pembahasan

Bab II Kajian Teori Dan Teknologi Pendukung

1. Definisi Virtual Reality

2. Immersion

3. Scene Graph

4. Teknologi

  • Display
  • Spatial Input
  • Rendering Engine
  • Audiospace
  • Haptic

5. Aplikasi VR

  • Operasi di Daerah Berbahaya
  • Scientific Visualization
  • Kedokteran
  • Rehabilitasi dan Pengobatan Orang Cacat
  • Alat Bantu Psikiater

Bab III Analisis dan Perancangan

1. Strategi Perancangan

2. Spesifikasi Kebutuhan Prototipe Model VR yang Akan Dibangun

3. Arsitektur Perangkat Lunak

4. Alur Pembangunan Aplikasi VR

Bab IV Implementasi dan Pengujian

1. Implementasi

  • Lingkungan Implementasi
  • Batasan Implementasi
  • Implementasi Kelas
  • Keterkaitan Dengan Alur Pembangunan Aplikasi VR

2. Pengujian

  • Tujuan Pengujian
  • Lingkungan Pengujian
  • Skenario Pengujian
  • Hasil Pengujian
  • Kesimpulan Hasil Pengujian

Bab V Penutup

1. Kesimpulan

2. Saran

Daftar Referensi

Komentar terhadap isi skripsi

Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Virtual Reality interaktif yang akan diterapkan pada beberapa bidang ilmu untuk membantu pekerjaan manusia. Dalam skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan seperti penulisan bahasa asing yang tidak menggunakan huruf miring.

Perbandingan isi skripsi dengan sumber lainnya

1. Virtual Reality (VR)

VR mengacu kepada teknologi yang dapat memindahkan seorang pengguna ke lingkungan yang berbeda tanpa secara fisik memindahkannya. Input ke organ sensor pengguna dimanipulasi sedemikian rupa, hingga lingkungan yang dirasakan nyata adalah lingkungan virtual yang dibuat dan bukan dengan lingkungan fisik sesungguhnya. Proses manipulasi ini dikendalikan dengan sebuah model komputer berdasarkan pada deskripsi fisik lingkungan virtual.

Sumber lain : http://id.wikipedia.org/wiki/Virtual_reality

Tanggal  Akses: 27-Februari-2014

Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

2.  Immersion 

Immersion, yang merupakan paradigma utama ketika pengguna menjadi bagian dari dunia yang disimulasikan, adalah sebuah deskripsi teknologi VR yang dirasakan oleh pengguna dalam derajat yang bervariasi. Singkatnya, immersion adalah tingkat atau ukuran rasa nyata (reality) dari sebuah sistem VR.

Sumber lain : http://www.vrs.org.uk/virtual-reality/immersion.html

Tanggal Akses : 27-Februari-2014

Immersion is basically an unique experience that is connected with the world of virtual reality. Over here the user whole exploring the three dimensional world of virtual reality will simply immerse into this make believe world as the real world. It is basically a feeling of involvement of the user in the virtual world intelligently designed by expert.

(Immersion pada dasarnya adalah sebuah pengalaman unik yaitu terhubung dengan dunia virtual reality. Di sini seluruh pengguna akan menjelajahi dunia virtual reality tiga dimensi dan akan membenamkan pada pikirannya bahwa ini adalah dunia nyata. Hal ini pada dasarnya adalah perasaan keterlibatan pengguna di dunia maya yang dirancang oleh ahli.)

3. Scene Graph

Scene Graph adalah representasi spasial dari sebuah pemandangan visual yang berbentuk pohon. Tiap daun dari sebuah scene graph menunjukkan objek fisik yang meliputi geometri yang harus digambar dan sifat-sifat materi pembangunnya

Sumber lain : https://mane3x.wordpress.com/tag/scene-graph/

Tanggal Akses : 27-Februari-2014

Scene graph merupakan grafik yang merepresentasikan geometri, material, dan pencahayaan.
Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya.

4.  Tracking

adalah proses menentukan posisi dan orientasi suatu objek di lingkungan nyata yang menjadi input bagi suatu objek tertentu di lingkungan virtual.

Sumber lain : http://en.wikipedia.org/wiki/Tracking_system#Tracking_in_virtual_space

Tanggal Akses : 27-februari-2014

tracking system is generally a system capable of rendering virtual space to a human observer while tracking the observer’s body Coordinates.

(Sistem Tracking secara umum adalah sebuah sistem yang dapat merender ruang virtual kepada pengawas ketika mengikuti gerakan pengawas.)

5. Display

Alat elektronik untuk menampilkan gambar bergerak

Sumber lain : http://www.scribd.com/doc/45843291/Apa-Itu-Display

Tanggal Akses : 28-februari-2014

Display adalah alat yang menyajikan informasi tentang lingkungan yang dikomunikasikan dalam bentuk tanda-tanda atau lambang-lambang. Display terbagi menjadi 2 bagian, yaitu display statis dan display dinamis. Display statis adalah display yang memberikan informasi tanpa dipengaruhi oleh variabel waktu, misalnya peta, papan pengumuman. Sedangkan display dinamis adalah display yang dipengaruhi oleh variabel waktu, misalnya speedometer yang memberikan informasi kecepatan kendaraan bermotor dalam setiap kondisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s